Ketika Masalah Menjumpaimu



﷽.

    Segala puji dan syukur tak pernah lepas dari lisan kita dan selalu kita panjatkan kepada Allah SWT atas limpahan nikmat yang selalu menghampiri di setiap tarikan dan hembusan nafas. Ada hal yang sangat menarik untuk kita bahas, yaitu ketika masalah menjumpaimu kemana engkau akan pergi?, ketika seseorang dihadapkan masalah, maka akan memunculkan reaksi yang berbeda-beda, ketika masalah menghampiri setiap manusia ada yang menanggapi dengan cara mendekatkan diri kepada Allah, dan ada juga yang menjauh dari Allah SWT. Maka ketika diri kita mendapatkan masalah kemanakah kita akan pergi.? Apakah langkah yang kita ambil sudah benar, atau bahkan bisa menimbulkan bencana di kemudian hari?. Di dalam al-Qur’an Surat al-Baqarah ayat 45 telah memberitahukan kepada kita, langkah apa yang harus di ambil ketika mendapatan masalah


   وَٱسْتَعِينُوا۟ بِٱلصَّبْرِ وَٱلصَّلَوٰةِ ۚ وَإِنَّهَا لَكَبِيرَةٌ إِلَّا عَلَى ٱلْخَـٰشِعِينَ


Dan mohonlah pertolongan Allah dengan sabar dan salat, dan sesungguhnya hal tiu sangat berat kecuali bagi orang-orang yang khusyu’.

    Ayat ini menjelaskan kepada kita ketika menghadapi masalah ada dua kata kunci yang dapat kita pegang yaitu, ikhtiar dan doa. Sikap sabar dilaksanakan dengan cara menyelesaikan masalah secara sesuai dengan prosedur, tidak melanggar aturan, dan menyikapi setiap tingkat permasalahan sedikit demi sedikit. yang tidak kalah penting adalah konsisten dalam berdoa dan beribadah. Dengan adanya masalah, semestinya kita semakin mendekatkan diri kepada Allah swt, memberbanyak ibadah dan beramal salih. Dengan demikian, sabar dan salat merupakan wujud dari rasa yakin dari apa yang kita kerjakan itu. Dan meyakini bahwa dimana ada kesulitan di situ pasti ada kemudahan, sebagaimana firman Allah swt dalam Q.S al-Insyirah ayat 6 :


فَإِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا () إِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا

Maka sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan, sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan.

    Ayat ini penting bagi kita untuk kita renungkan, bahwa ketika kita menghadapi satu kesulitan sebenarnya secara tidak sadar ada kemudahan yang kita dapatkan dari segi lain. Terkadang kita tidak menyadarinya karena terlalu fokus pada masalah, sehingga menafikan bahwa  pada saat yang sama ada kemudahan yang kita rasakan.

    Langkah yang tepat adalah selalu mendekatkan diri kepada Allah tidak lepas dari doa dan Ikhtiar dengan cara sungguh – sungguh mencari solusi agar mendaptkan hasil yang maksimal.


 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tidur saat majlis bisa membatalkan wudhu atau tidak

4 Cara Agar Mudah Beribadah