4 Cara Agar Mudah Beribadah

Oleh : Ahmad Mudzakir


Pendahuluan.


        Mari kita ucapkan syukur Alhamdulillah kepada Allah SWT yang telah memberikan kita kesempatan untuk memperbaiki amal ibadah, yang dimana tak semua manusia di berikan kesempatan untuk memperbaiki amal ibadah,bahkan kesempatan untuk menambah pundi-pundi kebaikan.

Marilah kita bersama-sama berdo’a semoga Allah SWT senantiasa membimbing kita agar selalu berada dijalan-Nya, memberikan kita banyak kenikmatan sehingga dapat mengoptimalkan ibadah kita. Semoga Allah SWT senantiasa mengampuni segala dosa-dosa yang telah kita perbuat dimasa lalu. Amiin.


Shalawat dan Salam yang tiada terputus kita ucapkan untuk pemimpin kita, kekasih kita, Rasulullah Saw. Beliaulah teladan kita dalam hidup ini, terutama dalam optimalisasi ibadah.


 Pada tulisan saya ini saya ingin memberikan yang terbaik untuk para pembaca dan saya berterimaksih sudah meluangkan waktu untuk membaca tulisan saya, ditulisan ini akan kami angkat tentang solusi pendongkrak atau giat beribadah,karena ibadah yang selalu kita jumpai di setiap saat, maka di tulisan kali ini saya akan membawakan dengan semenarik mungkin untuk para pembaca dari segi kata sampai peresapan pembawaan dan semoga tulisan ini bermanfaat bagi penulis dan bagi para pembaca, dan kami bertrimaksih karna sejauh ini masih membaca tulisan singkat ini, semoga Allah selalu memberikan kita keistiqomahan dalam beribadah. Wallahu ‘alam 


Allah SWT memerintahkan kepada  setiap manusia untuk beribadah kepadanya, namun tidak menutup kemungkinan tak semua orang bisa menjalankan perintah-NYA dengan mudah, akan selalu ada naik turun semangat dalam beribadah, maka ada 4 hal yang bisa menjadikan diri kita semangat atau mudah dalam melakanakan ibadah.   


1.Meluruskan Niat


Ketika seseorang melaksanakan ibadah, ia tentunya harus berniat. Dengan memiliki niat yang lurus dan hanya mengharapkan ridha Allah SWT maka seseorang akan lebih mudah menjalankan ibadahnya dan tidak mudah tergoda pada hal-hal yang bisa menghalangi ibadahnya. Niat juga merupakan penentu suatu ibadah dan ia mendapatkan pahala atau ganjaran sesuai dengan niat ibadah dalam hatinya. Sebagaimana disebutkan dalam hadits berikut ini.


إنَّمَا الْأَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِ، وَإِنَّمَا لِكُلِّ امْرِئٍ مَا نَوَى، فَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ إلَى اللَّهِ وَرَسُولِهِ فَهِجْرَتُهُ إلَى اللَّهِ وَرَسُولِهِ، وَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ لِدُنْيَا يُصِيبُهَا أَوْ امْرَأَةٍ يَنْكِحُهَا فَهِجْرَتُهُ إلَى مَا هَاجَرَ إلَيْهِ


“Sesungguhnya setiap amalan hanyalah tergantung dengan niat-niatnya dan setiap orang hanya akan mendapatkan apa yang dia niatkan, maka barangsiapa yang hijrahnya kepada Allah dan RasulNya maka hijrahnya kepada Allah dan RasulNya dan barangsiapa yang hijrahnya karena dunia yang hendak dia raih atau karena wanita yang hendak dia nikahi maka hijrahnya kepada apa yang dia hijrah kepadanya”. (H.R. Bukhari).


2.Memperbanyak bacaan Alqur’an


Membaca Alqur’an setiap hari secara rutin adalah salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan membantu seorang muslim untuk lebih istiqomah beribadah di jalan Allah SWT.


 Alqur’an juga bisa meneguhkan hati seorang muslim sehingga ia tidak mudah tergoyahkan oleh hal-hal yang mampu merusak imannya.


 Sebagaimana yang disebutkan dalam firman Allah SWT. 


قُلْ نَزَّلَهُ رُوحُ الْقُدُسِ مِنْ رَبِّكَ بِالْحَقِّ لِيُثَبِّتَ الَّذِينَ آمَنُوا وَهُدًى وَبُشْرَىٰ لِلْمُسْلِمِينَ


Katakanlah: “Ruhul Qudus (Jibril) menurunkan Al Quran itu dari Tuhanmu dengan benar, untuk meneguhkan (hati) orang-orang yang telah beriman, dan menjadi petunjuk serta kabar gembira bagi orang-orang yang berserah diri (kepada Allah)“. (QS An Nahl :102 ).



3.Bergaul dengan orang-orang Shaleh


Hubungan manusia tidak terlepas dengan manusia lainnya dan perilaku seorang manusia juga biasanya dipengaruhi oleh orang-orang disekitarnya. oleh sebab itu jika ingin selalu istiqomah dalam beribadah maka banyaklah bergaul dengan orang shaleh karena mereka bisa menjadi kawan saat beribadah dan senantiasa menjagamu dalam kebaikan. 


الرَّجُلُ عَلَى دِينِ خَلِيلِهِ فَلْيَنْظُرْ أَحَدُكُمْ مَنْ يُخَالِلُ


Seseorang itu mengikuti din (agama; tabiat; akhlaq) kawan dekatnya. Oleh karena itu, hendaknya seseorang di antara kalian memperhatikan siapa yang dia jadikan kawan dekat. ( H,r Abu Daud ).


عَنْ أَبِي مُوسَى رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: “مَثَلُ الجَلِيسِ الصَّالِحِ وَالسَّوْءِ، كَحَامِلِ المِسْكِ وَنَافِخِ الكِيرِ، فَحَامِلُ المِسْكِ: إِمَّا أَنْ يُحْذِيَكَ، وَإِمَّا أَنْ تَبْتَاعَ مِنْهُ، وَإِمَّا أَنْ تَجِدَ مِنْهُ رِيحًا طَيِّبَةً، وَنَافِخُ الكِيرِ: إِمَّا أَنْ يُحْرِقَ ثِيَابَكَ، وَإِمَّا أَنْ تَجِدَ رِيحًا خَبِيثَةً “

Dari Abu Musa al-Asy’ari Radhiyallahu anhu, dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda: “Perumpamaan kawan yang baik dan kawan yang buruk seperti seorang penjual minyak wangi dan seorang peniup alat untuk menyalakan api (pandai besi). Adapun penjual minyak wangi, mungkin dia akan memberikan hadiah kepadamu, atau engkau membeli darinya, atau engkau  mendapatkan bau harum darinya. Sedangkan pandai besi, mungkin dia akan membakar  pakaianmu, atau engkau mendapatkan bau yang buruk” ( Hr Bukhari ).


4.Berdoa dan berzikir kepada Allah SWT


Allah adalah maha pembolak balik hati seseorang dan atas kuasaNya lah Allah menetapkan apakah Ia akan memberi seseorang hidayah ataukah menutup hati seseorang. 

Oleh sebab itu kita dianjurkan untuk senantiasa berzikir dan berdoa kepada Allah agar tetap istiqomah di jalan yang benar. Adapun doa yang bisa dipanjatkan agar diberi kekuatan untuk beristiqomah adalah sebagai berikut (baca keutamaan berzikir kepada Allah SWT) 


يَامُصَرِّفَ الْقُلُوبِ ثَبِّتْ قَلْبِي عَلَى طَاعَتِكَ


_Wahai pengubah keadaan hati, jadikanlah hatiku teguh dalam ketaatanmu ( Hr ahmad dan an-Nasai )_.


Inilah 4 cara agar kita di permudah untuk menjalankan ketaan yang Allah Swt dan Rosulnya perintahkan kepada kita


Kesimpulan


Ibadah adalah sarana manusia untuk lebih dekat kepada Allah SWT, dan tidak menutup kemungkinan ada kalanya semangat beribadah dan ada kalanya lemah dan kehilangan semangat dalam beribadah, maka 4 hal inilah salah satu solusi atau cara agar selalu semangat beribadah 


✅Meluruskan niat

✅Memperbanyak bacaan Alqur’an

✅Bergaul dengan orang-orang Shaleh

✅Berdoa dan berzikir kepada Allah SWT


Semoga kita di berikan keistiqomahan dalam melaksanakan ketaatan dalam beribadah, dan semoga 4 hal ini bisa menjadikan salah satu cara agar bisa mensetabilkan semangat dalam ibadah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tidur saat majlis bisa membatalkan wudhu atau tidak

Ketika Masalah Menjumpaimu